AWAS, PEMANIS BUATAN !!

Biasanya, anak2 kecil suka jajan tuh dipinggir jalan. Yang dibeli macem2, es warna-warni lah, permen kapas lah, de el el. Nah, harus kudu hati2 tuh kalo ngeliat es warna-warni sama permen kapas, why ??

Yang nama nya es itu, cuma satu warna, masa iya bisa jadi belang2, trus, manis bnged lagi. Bisa jadi, dipakein PEMANIS dan PEWARNA tuuh…!! Tapi yang sering banged dipake, ya PEMANIS.

Berikut ini beberapa contoh PEMANIS BUATAN yang sering dipakai di makanan dan minuman :


1. Suklarosa

Tingkat kemanisannya sangat tinggi, bisa mencapai 600x lebih manis dibanding gula meja (sukrosa). ckckck . hebatnya, walopun punya rasa manis yang luar biasa, suklarosa sama sekali tidak ‘berkontribusi’ menambahkan kalori pada produk yang menggunakannya. Biasanya suklarosa digunakan pada makanan yang rendah kalori.


2. Aspartam

Pemanis ini sering banged kamu temuin di minuman, makanan, bahkan susu rendah kalori. Dibanding sukrosa, aspartam 160-220x lebih manis dan relatif tidak mengandung kalori. Walopun sebenernya, aspartam masih mengandung kalori sebesar 4 kal/gr, namun karena penggunaannya hanya dalam jumlah sangat sedikit, maka kalori tsb boleh dianggap tidak ada. hhe :) curang ya.!!


3. Asesulfam Potasium

Hampir sama dengan aspartam, tingkat kemanisan dari asesulfam potasium mencapai 200x lebih manis dari sukrosa. keunggulan dari pemanis ini adalah daya tahannya terhadap temperatur tinggi, sehingga banyak digunakan pada bahan makanan olahan. Walopun pada tahun 2003 Asesulfam Potasium dinyatakan aman oleh FDA, namun penggunaannya masih diawasi oleh BPOM, coz punya indikasi terhadap penyakit kanker.


4. Sakarin

Sakarin adalah pemanis buatan tertua di dunia. Ditemukan pada tahun 1878, sakarin biasa digunakan untuk penderita diabetes, coz tidak mengandung kalori. Penelitian yang dilakukan oleh The National Cancer Institute, menyebutkan risiko penyakit kanker meningkat pada orang yang menggunakan enam sachet atau lebih pemanis jenis sakarin per hari. Meskipun begitu BPOM masih mengizinkan pemanis ini beredar di pasaran dengan catatan : digunakan pada takaran tertentu !!



Nah, jadi, waspadai makanan manis bukan berarti membuat kamu jadi anti sama gula kok. Coz, sebenernya gula merupakan zat penting yang mensubsidi energi ke tubuhmu. Tapi jangan lantas kamu mengkonsumsinya seenaknya !!

Asupan gula yang masih dapat dikatakan dalam kadar sehat adalah 50 gr/hari. Kalau bisa sih, jangan mengkonsumsi gula lebih dari batas seharusnya.

Hindari juga makanan yang mengandung pemanis buatan, walopun sudah dinyatakan aman oleh BPOM.

So, keep your healthy lifestyle, guys !

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "AWAS, PEMANIS BUATAN !!"

Posting Komentar